Tuesday, October 10, 2023

IMAGE COURTESY OF WIKIPEDIA


Tiger shark atau hiu harimau memiliki nama ilmiah Galeocerdo cuvier. Kata "harimau" pada namanya sendiri berasal dari garis-garis vertikal pada tubuhnya yang mirip seperti harimau. Garis-garis ini banyak ditemukan pada hiu muda. Saat hiu dewasa, garis-garisnya akan memudar dan lama-lama hilang.

Dengan indra penglihatan dan penciuman yang sangat baik serta menu makanan yang hampir tak terbatas, mereka bisa dikatakan sebagai pemangsa yang sempurna. Giginya yang tajam dan bergerigi tinggi serta rahang yang kuat memungkinkan mereka untuk memecahkan cangkang penyu dan kerang. Isi perut dari hiu harimau yang pernah ditangkap meliputi ikan pari, ular laut, anjing laut, burung, cumi-cumi, bahkan plat nomor dan ban bekas.

Hiu harimau banyak ditemukan di perairan tropis dan subtropis. Spesimen besar dapat tumbuh panjangnya hingga 20-25 kaki dan berat lebih dari 1900 pon.

Spesies hiu ini banyak diburu untuk diambil sirip, kulit, daging, serta hatinya yang mengandung vitamin A tingkat tinggi untuk diolah menjadi minyak vitamin. Repopulasi yang rendah menjadikan mereka rentan terhadap tekanan penangkapan ikan. Populasi hiu harimau termasuk populasi hampir terancam.

0 comments:

Post a Comment